Sepakbola adalah cabang
olahraga terpopuler di jagat raya ini. Olahraga kini sudah menjadi media bisnis
yang menggiurkan, banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan cabang
olahraga khususnya sepakbola untuk media promosi produk perusahaan. Produk itu
nantinya akan di promosikan dengan berbagai cara, entah itu di tempel di jersey
klub sepakbola tersebut ataupun di perlihatkan dalam papan reklame stadion
kebanggaan klub tersebut.
Melihat peluang itu,
bukan hanya perusahaan dari luar negeri ajah yang dapat kerjasama bisnis dengan
klub sepakbola yang elit dan banyak penggemar tentunya tapi perusahaan asal
Indonesia juga mencoba memanfaatkan peluang tersebut. Sebut saja Garuda
Indonesia yang menjadi sponsor klub elit asal Liga Inggris yaitu Liverpool yang
sukses menjuarai Liga Champions Eropa tahun 2005. Bukan hanya itu, produk
Kacang Dua Kelinci juga sukses menjadi sponsor Jawara La Liga tahun 2011-2012
yaitu Real Madrid.
Bahkan terkesan tak mau
kalah, PT Pertamina juga rencananya akan menjadi sponsor resmi klub yang banyak
fans nya di Indonesia yaitu AC Milan. Ya, klub asal kota Milan ini memang sudah
menjadi incaran kerja sama bisnis Pertamina sejak 3 tahun lalu tapi mungkin
akan terlaksana musim depan. Nantinya logo pertamina hanya akan terlihat di
stadion San Siro dan tidak akan menempel di kostum nya AC Milan dikarenakan
perjanjiannya dari kedua belah pihak seperti itu.
Posting Komentar